Warna granit untuk teras sering menjadi pertimbangan bagi kita sebelum melakukan pemasangan. Banyaknya warna yang tersedia sering membuat kita kebingungan untuk menentukan pilihan. Maka dari itu, simak artikel di bawah ini agar kamu lebih mudah dalam memilih warna granit.


Tips Memilih Warna Granit Untuk Teras

Apakah kamu kesulitan menentukan warna granit yang akan dipasang di teras rumahmu? Gak usah bingung. Yang kamu perlu perhatikan sebelum memilih warna granit yaitu pencahayaan pada teras, apakah terang atau gelap.

Tips Memilih Warna Granit Untuk Teras Rumah

Warna Granit Untuk Teras Terang

Teras yang terang disebabkan oleh banyaknya cahaya matahari yang menyinari teras. Agar tidak terkesan panas, sebaiknya kamu memilih granit berwarna gelap. Granit berwarna gelap akan membuat teras terasa lebih sejuk dan menjadikan rumah kamu terlihat elegan.

Warna Granit Untuk Teras Gelap

Teras yang kurang terang biasanya karena posisi rumah berada di dekat pohon besar, rumah atau gedung lain yang lebih tinggi, sehingga menghalangi cahaya matahari untuk masuk. Maka dari itu, pilihlah granit berwarna cerah untuk teras rumah agar terlihat lebih hangat dan segar.

Baca Juga:  Manfaatkan Jasa Tukang Poles Marmer Jakarta Selatan Terbaik

Motif Granit Untuk Teras

Granit juga memiliki beragam corak atau motif. Tinggal sesuaikan saja dengan keinginan kamu atau nuansa rumah. Misalnya saja untuk rumah minimalis, maka pilihlah granit berwarna hitam atau putih dengan sedikit corak. Jika rumah kamu bernuansa klasik, kamu bisa menggunakan granit motif bintik-bintik atau hamparan pasir.

Mengapa Memakai Granit Untuk Teras?

Teras yang terletak di bagian depan rumah tentunya rentan terkena hujan atau terik cahaya matahari. Oleh karena itu, lantai granit lebih cocok untuk teras rumah. Keramik granit terbuat dari batu alam dan telah melalui proses pemanasan dengan suhu yang sangat tinggi. Sehingga keramik granit bisa tahan terhadap perubahan cuaca bahkan yang ekstrim sekalipun.

Selain itu terdapat beberapa kelebihan yang dimiliki keramik granit, diantaranya yaitu:

  • Bisa dipakai untuk waktu yang lama hingga 10 tahun.
  • Kuat sehingga tidak mudah lapuk maupun berjamur.
  • Struktur material yang dimiliki keramik granit relatif lebih halus dibandingkan jenis keramik lainnya.
  • Memiliki variasi warna dan motif yang beragam.
  • Meski harga keramik granit relatif mahal, tetapi sesuai dengan kualitas yang dimilikinya.
Baca Juga:  Poles Granit Murah dan Jenisnya yang Wajib Anda Ketahui!

Cara Memasang Keramik Granit

Cara memasang keramik granit pada dasarnya tidak sama saja dengan proses pemasangan keramik biasa. Kamu perlu menyiapkan lantai semen terlebih dahulu sebagai bantalan keramik granit. Setelah permukaan lantai semen diratakan, tempelkan granit di atasnya dan beri sedikit tekanan.

Bisa juga memakai lem khusus untuk merekatkan granit. Cara ini memang dianggap lebih praktis dan mudah digunakan. Dengan begitu, tempelan keramik granit terhadap bantalan lantai semen bisa sangat kuat.

Setelah pemasangan selesai, lantai granit tidak boleh diinjak sebelum benar-benar mengering. Jika bantalan keramik terbuat dari campuran pasir dan semen, dibutuhkan waktu sekitar 4-5 hari hingga lantai granit bisa kering dengan sempurna.

Baca Juga:  Resiko Poles Sendiri Dari Poles Marmer Jakarta Barat Terbaik

Sedangkan jika menggunakan semen instan, biasanya akan kering setelah 2-3 hari. Setelah lantai granit mengering, barulah kamu bisa membersihkannya. Sebaiknya pakailah cairan pembersih alami untuk awalan. Berikutnya lakukan pemolesan agar terlihat mengkilap.

Penutup

Itulah mengenai tips memilih warna keramik untuk teras rumah. Semoga bisa bermanfaat dan membantu kamu untuk menentukan warna keramik yang pas untuk teras rumah kamu. Sehingga rumah kamu akan terlihat lebih elegan dan menawan.