Harga Granit Lantai yang cukup mahal, membuat lantai granit dipandang mewah dan glamor oleh setiap orang. Sebab, granit berasal bekuan batuan magma. Hal itulah yang membuat lantai granit lebih kokoh dan tidak mudah rapuh. Selain itu, di permukaannya juga tampak kilauan yang elegan.


Jika kamu tertarik ingin menggunakan granit pada hunianmu, sebaiknya kenali dahulu kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya. Apa saja kelebihan dan kekurangan tersebut? Lalu bisa dimana saja lantai keramik dipasang? Berikut adalah ulasannya.

Mengenali Lebih Dalam Kelebihan dan Kekurangan Berdasarkan Harga Granit Lantai

Kelebihan dan Kekurangan Harga Granit Lantai

Kelebihan granit

Berikut ini adalah kelebihan-kelebihan yang dihasilkan oleh granit, diantaranya:

  • Anti air

Daya serap granit terhadap cairan sangat kecil, yaitu sekitar 0,05%. Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi granit akan menimbulkan bercak dan jamur akibat ketumpahan air minum atau cairan lainnya.

  • Tahan lama

Granit terbuat dari bahan alami yang sangat kokoh. Bahkan kamu bisa menaruh beban seberat 500 kg di atasnya. Granit juga memiliki sifat anti gores. Dengan karakteristik yang dimilikinya, granit bisa bertahan hingga lebih dari 20 tahun lamanya. Jadi, kamu tidak perlu pusing lagi untuk memperbarui lantainya.

  • Tahan cuaca apapun
Baca Juga:  4 Manfaat Poles Marmer Dengan Tukang Poles Marmer Di Jakarta Selatan

Granit juga tahan terhadap kondisi cuaca apapun, baik panas yang menyengat maupun hujan ekstrim. Maka dari itu, granit juga cocok ditaruh di area outdoor suatu hunian.

  • Mudah dalam merawatnya

Cara merawat granit cukup mudah. Kamu hanya perlu menyapu kotorannya atau agar lebih bersih, dipel dengan air yang sudah dicampur cairan pembersih.

  • Warna yang bervariasi

Pilihan warna dari granit sangat bervariasi dan bisa dipilih sesuai dengan selera. Warna-warna tersebut diantaranya granit putih, biru, emas, dan yang paling populer adalah granit hitam. Selain warna, pola pada granit juga beragam, seperti berbentuk kayu, marmer, dan sebagainya.

 

Kekurangan granit

Walaupun secara fisik tampilan granit bisa dikatakan sempurna, tetapi granit juga memiliki beberapa kekurangan.

  • Warna yang tidak menentu
Baca Juga:  Trend Motif Granit Lantai Terbaru di Tahun ini

Meskipun memiliki varian warna yang khas, tetapi warna-warna tersebut tidak bisa dibuat sama persis. Hal itu karena granit terbuat dari batuan yang sangat alami.

  • Memiliki harga yang cukup tinggi

Jika kamu ingin menerapkan granit di rumah, maka kamu harus memikirkannya kembali. Sebab, dengan bahan material yang berkualitas, membuat harga granit di pasaran terbilang cukup mahal.

  • Berbobot berat

Granit berasal dari batuan alami yang membuat bobotnya menjadi lebih berat. Maka dari itu, untuk memasangnya harus membutuhkan tenaga yang kuat, bahkan kalau bisa harus dilakukan oleh orang yang sudah ahli di bidangnya.

Mengaplikasikan lantai granit

  • Teras: Pemakaian lantai granit di teras, akan menarik perhatian orang-orang yang melewati rumahmu. Selain itu, pada siang hari lantai ini akan membuat teras menjadi lebih sejuk. Jadi, cocok untuk kamu yang ingin bersantai di depan rumah.
  • Ruang tamu: Penerapan lantai granit di ruang tamu, membuat ruangan menjadi lebih luas dan mewah. Dengan begitu, tamu yang berkunjung akan kagum melihatnya.
  • Ruang tidur: Penggunaan lantai granit di kamar tidur, akan membuat suasana lebih sejuk walaupun tanpa AC.
  • Kamar mandi: Meskipun teksturnya lembut, tetapi permukaannya tidak licin sehingga kamu tidak mudah terpeleset.
  • Dapur: Supaya dapurmu tidak terlihat kotor, gunakan granit berwarna gelap dan kombinasikan dengan perabotan berwarna terang. Jika untuk memperluas dapur yang sempit, gunakan lantai yang tidak memiliki sambungannya.
Baca Juga:  Jasa Buffing Granit Terbaik Membuat Granit Anda Mengkilap

 

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan kelebihan dan kekurangan dari harga granit lantai, serta ruangan apa saja yang bisa dipasang granit? Semoga penjelasan tersebut bisa membantumu dalam menentukan granit yang ingin digunakan.