Cara Epoxy Lantai. Kami akan membagikan wawasan baru mengenai cara epoxy lantai beserta kelebihan dan kekurangan yang bisa Anda dapatkan. Mari cari tahu informasi lengkapnya di bawah ini.

Cara Epoxy Lantai Kelebihan dan Kekurangan

Epoxy adalah salah satu bahan konstruksi yang membantu pengguna untuk melindungi lantai mereka dari berbagai masalah, seperti lantai kusam, tidak memiliki kilap, tanpa motif atau warna, lemah, dan lain sebagainya. Maka dari itu, epoxy lantai digemari oleh banyak orang.

Cara pengaplikasian epoxy pada lantai adalah pekerjaan yang susah-susah gampang. Anda harus membersihkan lantai secara maksimal untuk mendapatkan hasil yang terbaik pula. Selain itu, permukaan lantai yang kurang rata juga perlu dihaluskan terlebih dahulu dengan menggunakan mesin grinding atau amplas.

Baca Juga:  Kisaran Harga Lantai Marmer per Meter Terbaru

Sebelum dilapisi epoxy, permukaan lantai harus diberikan cat dasar dan cat plamir agar hasilnya lebih kuat dan berwarna.

Walaupun demikian, proses ini tidak hanya mempunyai kelebihan, tetapi juga kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan. Agar lebih jelas, mari simak pembahasan pada poin-poin berikut:

Kelebihan Epoxy Lantai

Sudah disinggung sebelumnya bahwa epoxy mempunyai berbagai kelebihan sehingga disenangi oleh banyak orang. Adapun berikut ini adalah informasi lebih jelasnya, antara lain:

  • Permukaan lantai epoxy lebih tahan terhadap gesekan dan benda berat.
  • Mempunyai nilai estetika sehingga terlihat lebih menarik dibandingkan beberapa jenis lantai lainnya, seperti cor biasa.
  • Pengaplikasiannya sangat cepat dan mudah serta tidak membutuhkan terlalu banyak alat.
  • Permukaannya dingin sehingga cocok untuk digunakan di ruangan yang luas atau di tempat panas.
Baca Juga:  Referensi Harga Pasang Marmer Dinding Berikut Proses Lainnya

Kekurangan Epoxy Lantai

Meskipun begitu, epoxy lantai juga mempunyai kekurangan yang harus Anda pikirkan kembali jika ingin menggunakannya. Beberapa kekurangannya, antara lain:

  • Permukaannya sangatlah keras sehingga akan menimbulkan suara yang cukup keras pula.
  • Jika permukaan lantai tidak rata, maka epoxy tidak bisa diaplikasikan dan hasilnya akan bergelombang.
  • Pengaplikasiannya tidak bisa dilakukan secara sembarangan karena bersifat beracun dan berbahaya terutama bagian uapnya jika terhirup secara langsung. Maka dari itu, Anda perlu berhati-hati.
  • Sebaiknya epoxy tidak digunakan pada kamar atau ruangan anak-anak karena permukaannya yang keras sehingga bisa menyebabkan cedera jika terjatuh.
Baca Juga:  Ketahui Cara Poles Granit Murah yang Paling Tepat

Mempunyai banyak kelebihan ternyata menggunakan cara epoxy lantai juga mempunyai beberapa kekurangan yang perlu Anda pikirkan matang-matang.