Marmer Tile Texture atau ubin marmer mempunyai daya tariknya sendiri dan menampilkan kesan kuat pada sebuah hunian. Marmer terbuat dari bahan material alami dan memiliki berbagai macam tekstur dan corak yang khas jika dibandingkan dengan keramik lainnya. Tidak hanya untuk lantai, marmer juga digunakan untuk dinding, furnitur, dan aksesoris ruangan.

Apabila kamu ingin mengaplikasikan marmer di hunianmu. Sebaiknya kenali dahulu karakteristik yang dimiliki marmer tersebut, seperti kekurangan maupun kelebihannya.

Yuk Kenali Marmer Tile Texture!

Mengenali Keunggulan dan Kekurangan Marmer Tile Texture

Keunggulan yang dimiliki marmer ini, pastinya akan membuat ruangan menjadi menarik. Lantas apa saja sih keunggulannya? Berikut adalah uraiannya

 

Memiliki desain yang bervariasi

Perlu kita akui bahwa marmer bukan hanya sekadar lantai, tetapi juga sebuah seni kontemporer yang menampilkan dekorasi unik, estetis, dan menarik Hal itu dibuktikan dengan adanya unsur estetika yang dapat menyatukan semua elemen di dalam ruangan. Begitu pula dengan pilihan desainnya yang sangat beragam, seperti monokrom, modern klasik, dan berbagai corak dengan nilai seni yang tinggi. Tidak hanya itu, marmer disusun oleh material yang berasal dari warna solid, sehingga membuat warna marmer terlihat natural.

Baca Juga:  Harga Poles Teraso Profesional dan Terpercaya, Jangan Asal Pilih!

 

Cocok di ruangan manapun

Marmer sangat cocok diterapkan di mana saja, seperti ruang tamu, dapur, kamar, bahkan di teras sekalipun. Dengan begitu, kamu harus menyesuaikan motif marmer dengan ruangan yang akan dipakai. Supaya tidak terkesan monoton, cobalah kombinasikan dengan bahan material lainnya, seperti kayu, vinyl, atau logam. Sehingga ruangan tersebut mempunyai desain yang seimbang dan mempunyai aura yang kuat.

 

Perawatannya cukup mudah

Walaupun terlihat mewah, tetapi tidak sulit untuk merawat lantai jenis ini. Sama seperti keramik lainnya, untuk membersihkannya kamu perlu mengelapnya dengan kain yang sudah dibasahkan dengan campuran air dan pembersih. Agar tetap mengkilap, jangan lupa juga untuk memoles marmer setidaknya enam bulan sekali.

 

Tahan lama

Jenis lantai ini dapat bertahan cukup lama, sebab terbuat dari material alam yang sangat kuat, sehingga tidak mudah rusak. Selain itu, mineral pembentuk marmer yang sulit tidak akan membuat lantai menjadi kusam. Jadi, lantai marmer akan tetap memancarkan kilauan yang membuat rumahmu jadi indah.

Baca Juga:  Cara Poles Marmer Termudah yang Tepat Bagi Pemula

 

Sangat sejuk

Bahan material pembentuk marmer, akan membuatnya memiliki karakter yang bersifat dingin. Jadi, kamu tidak usah khawatir lagi dengan panas yang menyengat, karena akan tetap dingin dengan adanya lantai marmer ini.

Walaupun memiliki beberapa keunggulan, tetapi ada juga kelemahan dari marmer yang perlu kamu tahu. Berikut adalah kelemahan dari keramik marmer.

 

Memiliki permukaan yang licin

Material pembentuk marmer, akan membuat lantai ini menjadi licin dan membuat kita mudah terpeleset. Hal itu karena adanya proses finishing dan pembakaran. Untuk penggunaan pada lantai, sebaiknya gunakan untuk area kamar mandi, seperti dinding dan wastafel.

 

Sulit Memasangkannya

Walaupun bersifat tahan lama, tetapi agar hasilnya maksimal diperlukan ketelitian dan kecermatan yang tinggi ketika memasangnya. Apabila pengerjaannya tidak sempurna, lantai bisa pecah karena bahan mineralnya sangat sensitif terhadap zat asam. Jadi, jika terkena zat asam maka lantai akan rusak dan teksturnya tidak sempurna. Ketika terdapat keretakan dan lubang pada lantai marmer, maka kamu harus segera menggantinya dengan yang baru.

Baca Juga:  Cek Update! Harga Lantai Marmer Per Meter Persegi Terbaru

 

Tidak murah

Marmer merupakan jenis keramik yang paling mahal diantara lainnya. Itu karena adanya proses pembuatannya sangat sulit dan pemakaiannya tahan lama. Materialnya pun sangat sulit ditemukan. Makanya kualitas pada marmer sangat tinggi dan membuat rumah terkesan mewah.

Itu dia kelebihan dan kekurangan dari marmer tile texture yang harus kamu ketahui. Pertimbangkanlah dengan matang, jadi kamu bisa mengatasi resiko penggunaan marmer ini.