Bagaimana cara memoles lantai marmer yg baik dan benar? Karena sifat batu alam yg satu ini adalah memiliki daya serap termasuk pada noda dan kotoran, Kita memerlukan pemolesan untuk mengantisipasinya. Dengan cara ini, lantai marmer akan terjaga kualitasnya.

Apa yg terjadi kalau kita tidak melakukan proses ini dengan benar?

Apabila Anda melakukan pemolesan dengan cara yg salah, maka bisa saja lantai marmer Anda cacat, tergores, bergelombang.

Sayang sekali bukan?

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang bagaimana memoles, merawat dan membersihkan lantai marmer kesayangan Anda.

cara memoles marmer

Cara Memoles Lantai Marmer

Pemolesan pada lantai marmer biasanya bisa bertahan sampai 6 bulan. Maka pastikan Anda merawat dan memolesnya dengan waktu yg tepat, tidak terlalu sering dan tidak terlalu terlambat.

Untuk pertanyaan bagaimana cara memoles lantai marmer sampai mengkilat, jawabannya adalah: biasanya hal ini dilakukan oleh tenaga ahli yg berpengalaman atau Anda juga bisa menggunakan jasa poles marmer. Mereka akan menggunakan teknik kristalisasi. Teknik ini pada umumnya menggunakan bahan-bahan khusus, seperti blanca crytalizing powder, terranova cryztalizing liquid.

Dengan beberapa tahapan, mulai dari pembersihan, pemolesan, dan pelapisan. Lalu mereka akan memberikan terranova cryztalizing liquid untuk melakukan perawatan pada permukaan lantai marmer (Untuk perawatan sehari-hari, dan bisa dilakukan orang secara manual.

Namun Anda juga bisa melakukan pemolesan mandiri dengan cara yg sederhana, juga dengan bahan yg sederhana atau mudah didapat.

Anda bisa memulainya dengan membersihkan permukaan marmer menggunakan cairan pembersih atau cairan khusus untuk memoles marmer yang tepat.

Cairan yg tepat untuk memoles marmer biasanya memiliki pH yg netral, dengan tujuan supaya tidak merusak struktur marmer, baik itu warna atau permukaannya. Jadi jangan asal pilih cairan pembersih ya.

Jadi, hal yg perlu diperhatikan adalah dengan menjaga kualitas marmer. Menghindari goresan, menjaga dari noda yg membekas pada permukaan, menjaga struktur warna, permukaan, dsb.

Cara Merawat Lantai Marmer

Ada beberapa hal yg perlu diperhatikan untuk melakukan perawatan pada lantai marmer kesayangan Anda.

  1. Pertama, untuk melindungi permukaan lantai marmer dari gesekan atau goresan yg tidak diinginkan, selalu gunakan kain lap mikrofiber. Karena kain yg satu ini memiliki serat mikro yg sangat halus, sehingga aman untuk lantai marmer Anda.
  2. Kedua, perhatikan cairan yg Anda gunakan. Pastikan cairan pembersih khusus tersebut memiliki pH yg netral sehingga tidak mengubah kualitas dan struktur dari lantai marmer Anda.
  3. Ketiga, Selalu melapisi permukaan lantai marmer menggunakan lapisan sealer. Saat proses pemolesan terjadi, akan menghasilkan lapisan yg bernama lapisan sealer (penyegel). Lapisan ini memiliki tujuan sebagai pelindung supaya noda dan kotoran tidak mudah meresap masuk ke permukaan lantai marmer.
  4. Keempat, Hindari beberapa hal berikut: Menggunakan vacuum cleaner, kain lap yg kasar, zat pembersih yg mengandum asam (tidak netral).

Karena lantai marmer merupakan lantai yg istimewa, karena dari bahan batu alam, sehingga perlu perawatan khusus untuk menjaga kualitasnya.

Dengan mengerti tentang bagaimana cara merawat lantai marmer dengan benar, Anda tidak perlu khawatir lagi.

Cara membersihkan lantai marmer

Berikut ini adalah beberapa tips cara membersihkan lantai marmer kesayangan agar lebih terjaga kualitasnya.

  • Selalu menggunakan usapan satu arah. Jadi apabila Anda sedang membersihkan permukaan lantai marmer, usahakan untuk menggunakan usapan yg satu arah dengan pola lantai marmer Anda. Hindari gerakan-gerakan lain seperti gerakan memutar atau bolak balik. Kenapa? Karena berpotensi merusak permukaan lantai marmer dan mengurangi kilauannya.
  • Jangan berlebihan dalam menggunakan cairan pembersih. Dan segera gunakan kain lap mikrofiber sampai merata. Pastikan dalam proses pengeringannya juga benar-benar kering.
  • Sama seperti tips untuk merawat lantai marmer, pastikan menggunakan kain yg tepat dan cara yg lembut.
  • Segera bersihkan saat Anda sudah melihat adanya noda atau kotoran pada permukaan lantai marmer. Karena bisa berpotensi flek noda yg sulit untuk hilang.

Jika memungkinkan, lakukan pengepelan lantai marmer Anda setiap hari atau sekali dalam dua hari secara rutin untuk hasil maksimal.