Cara membersihkan lantai tegel lama. Tidak sedikit dari kita yang sering kali merasa butuh panduan tentang bagaimana cara membersihkan lantai tegel lama. Hal ini tidak lain karena lantai rumah yang sudah berusia pasti akan mengurangi keindahan suasa di sekitarnya.

Cara Membersihkan Lantai Tegel Lama dengan Mudah

Dewasa ini, lantai tegel menjadi pilihan populer untuk rumah maupun bangunan lainnya karena daya tahannya. Namun, seiring berjalannya waktu, lantai tegel bisa berubah tampilan akibat berbagai kotoran yang menempel, maupun penggunaannya sehari-hari.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai panduan lengkap tentang cara membersihkan lantai tegel agar tampak bersih kembali. Adapun langkah-langkah dalam membersihkan lantai tegel yang sudah berumur adalah sebagai berikut.

1.    Siapkan Alat dan Bahan

Sebelum Anda memulai proses pembersihan, Anda pastinya perlu menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Anda akan memerlukan sapu, vacuum cleaner, ember, sikat halus, detergen, air hangat, lap kering, dan pel.

Baca Juga:  Referensi Harga Pasang Marmer Dinding Berikut Proses Lainnya

2.    Bersihkan Permukaan Lantai dari Debu dan Kotoran

Mulailah dengan menyapu atau menggunakan vacuum cleaner untuk menghilangkan debu dan kotoran dari permukaan lantai tegel. Langkah yang satu ini merupakan langkah penting agar tidak ada partikel atau kotoran yang menggores permukaan lantai.

3.    Cuci dengan Detergen Lembut

Campurkan detergen dengan air hangat sesuai dengan petunjuk yang diberikan pada kemasan. Gunakan larutan ini untuk mencuci lantai tegel dengan mop atau alat pembersih lain yang sesuai. Pastikan untuk mengganti air pel jika sudah terlihat keruh atau kotor.

4.    Sikat Noda atau Kotoran Membandel

Jika ada noda atau kotoran yang membandel, gunakan sikat halus untuk membersihkannya dengan lembut. Usahakan untuk tidak menggunakan sikat yang terlalu kasar karena bisa menggores atau merusak permukaan lantai.

Baca Juga:  Panduan Praktis: Cara Memoles Granit Sendiri untuk Hasil yang Maksimal

5.    Bilas dan Keringkan

Bilas lantai dengan air bersih untuk menghilangkan sisa detergen. Kemudian, keringkan lantai dengan menggunakan lat bersih atau alat pengering lainnya.

6.    Gunakan Cairan atau Bahan Pembersih Khusus Lainnya

Jika lantai masih tetap tampak kotor atau kurang bersih sesuai keinginan setelah dicuci dan disikat, Anda bisa mencoba cairan atau bahan pembersih khusus lainnya untuk lantai tegel yang banyak tersedia di pasaran. Pastikan untuk mengikuti petunjuk pemakaian agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, khususnya jika cairan mengandung bahan kimia.

Anda juga bisa menggunakan bahan alami lainnya untuk membersihkan lantai. Misalnya, menggunakan sitrun, belimbing wuluh, cuka, campuran baking soda dan pasta gigi, atau bahan alami lainnya.

Baca Juga:  Cek Update! Harga Lantai Marmer Per Meter Persegi Terbaru

Membersihkan lantai tegel merupakan tugas yang terkadang melelahkan, terlebih jika lantai telah berumur sehingga Anda memerlukan panduan mengenai cara membersihkan lantai tegel lama. Dengan mengikuti panduan yang benar, Anda akan mendapatkan hasil maksimal dengan kilau asli dan menjaga tampilan ruangan menjadi tetap segar.