Informasi mengenai cara mengkilapkan lantai tegel yang kusam masih dicari banyak orang karena banyak yang menggunakan material ini sebalagi lapisan lantai rumah. Walau unik, lantai tegel ini mudah dan cepat kotor sehingga lama-kelamaan bisa terlihat kusam.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai bahan apa saja yang bisa digunakan untuk mengkilapkan dan menghindarkan lantai tegel dari noda kusam. Beriku ini penjelasannya.

Cara Mengkilapkan Lantai Tegel dengan Bahan Alami

1.     Sitrun

Sitrun adalah bahan asam yang memiliki keunggulan menghilangkan noda kusam dan membandel. Bahan ini mudah dibeli dengan harga  yang terjangkau, bahkan memberikan hasil  memuaskan karena dapat mengembalikan kilap keramik yang sudah kusam.

Untuk menggunakannya, Anda bisa membuat pasta dari campuran air dan sitrun tersebut agar lebih mudah. Setelahnya, Anda cukup mengoleskannya ke atas permukaan keramik yang kusam sampai merata. Diamkan selama kurang lebih setengah jam lalu gosok menggunakan sikat. Selanjutnya Anda bisa membilasnya dengan air bersih. Akhiri proses dengan kain bersih dan kering.

Baca Juga:  Panduan Praktis: Cara Memoles Granit Sendiri untuk Hasil yang Maksimal

2.     Beimbing wuluh

Belimbing wuluh adalah buah yang sering tumbuh di pedesaan dan dijual dengan harga murah. Kandungan asamnya dapat mengikat kotoran atau noda pada keramik. Anda hanya perlu menggosokan buah yang telah diiris langsung ke lantai tegel yang kusam.  Diamkan selama 10 menit atau lebih, lalu Anda bisa membersihkan sisa kotoran dengan lap kotoran. Akhiri dengan mengepelnya menggunakan pembersih lantai.

3.     Soda kue (baking soda) dan pasta gigi

Campuran soda kue dan pasta gigi bisa menjadi pasta praktis untuk menghilangkan noda kusam dan membandel pada lantai tegel. Setelah dicampur, ratakan pada  permukaan keramik. Diamkan beberapa saat hingga noda hilang. Jika masih ada noda yang menempel, Anda bisa menggosoknya dengan sikat, lalu seka dengan kain bersih. Untuk hasil terbaik, bilas dengan air dengan mengepelnya.

Baca Juga:  Kisaran Harga Lantai Marmer per Meter Terbaru

4.     Tepung terigu

Tepung terigu merupakan bahan yang dapat mengikat noda minyak memandel pada lantai tegel. Penggunaan tepung terigu hanya dengan cara ditaburkan secara merata pada keramik berminyak. Tunggu beberapa saat hingga minyak benar-benar terserap oleh tepung. Lanjutkan membersihkan tepung dan minyak dengan kain lap. Untuk hasil maksimal, Anda bisa mengakhiri proses dengan mengepel menggunakan pembersih lantai. Anda juga dapat menghilangkan noda minyak dengan spons pencuci piring yang direndam dalam air sabun.

5.     Cuka

Cuka merupakan bahan yang banyak digunakan untuk membersihkan noda, salah satunya adalah noda pada lantai tegel. Penggunaannya juga mudah tanpa harus mencampurnya dengan bahan lain. Cukup dengan menuangkan beberapa tetep cuka pada permukaan lantai hingga merata. Tunggu beberapa menit dan gosok dengan kain untuk membersihkan noda sepenuhnya. Lanjutkan pembersihan dengan mengepelnya menggunakan pembersih lantai agar aroma lantai menjadi lebih segar.

Baca Juga:  Ketahui Cara Poles Granit Murah yang Paling Tepat

Itu tadi beberapa cara mengkilapkan lantai tegel menggunakan bahan alami. Bahan-bahan tersebut terbukti menghilangkan noda kusam dan membandel di lantai. Anda tidak perlu khawatir untuk menggunakannya karena tidak mengandung bahan kimia. Selain itu, bahan-bahan di atas mudah didapatkan dan harganya terjangkau.