Keramik dinding dapur tentunya tidak lepas dari pembuatan dapur. Tidak hanya untuk mempercantik dapur Anda, keramik juga tentunya memberikan nuansa yang diinginkan oleh pecinta kegiatan memasak. Dengan penggunaan keramik, tentu saja noda-noda akibat memasak pastinya akan lebih mudah dibersihkan di banding dengan dapur dengan menggunakan cat dinding.

Noda pada tembok jika sulit untuk dibersihkan tentunya membuat tampilan dari dapur yang Anda lihat tentunya menjadi kurang menarik dan tentunya kotor. Karena dari itu di zaman milenial sekarang banyak yang menggunakan keramik sebagai alternatif dinding dapur. Keramik sendiri memiliki banyak motif-motif yang tentunya bisa memperindah dapur Anda.

Inspirasi Keramik Dinding Dapur Yang Kekinian.

Ide Pemilihan Keramik Dinding Dapur Sesuai Tema.

Anda sendiri dalam membuat ataupun membangun dapur idaman anda pastinya memiliki inspirasi ataupun ide-ide untuk membuat dapur Anda untuk terlihat sesuai dengan yang Anda bayangkan. Berikut ini beberapa ide  pemilihan keramik untuk dapur.

1. Minimalis

Jika Anda menginginkan dapur yang terlihat bersih dan minimalis, ada baiknya Anda memilih untuk memilih keramik-keramik yang polos atau tidak terlalu banyak corak. Warna yang ada pada keramik juga tidak perlu terlalu banyak. Anda bisa menggunakan warna seperti putih, hitam ataupun coklat muda. Ukuran keramik juga tidak perlu terlalu besar, dan bentuk dari keramik lebih baik berbentuk persegi empat.

2. Alami

Bagi Anda pecinta alam, anda bisa memilih keramik dengan warna-warna alam seperti warna hijau ataupun abu muda dengan ukuran keramik yang tidak terlalu besar. Anda juga bisa memilih keramik dengan corak seperti tekstur bebatuan dan keramik dengan corak kayu-kayuan agar dapur Anda terlihat lebih alami.

3. Elegan

Untuk anda yang ingin dapur bernuansa elegan dan mewah, Anda sendiri bisa memilih keramik yang berwarna pastel/muda seperti biru muda agar terlihat seperti lautan, atau berwarna putih maupun coklat muda agar terlihat lebih mewah. Tentunya Anda bisa menambahkan interior dapur berwarna emas, perak ataupun hitam untuk menambah keeleganan dapur Anda.

4. Unik

Kalau Anda menginginkan dapur yang beda dari dapur-dapur lain, Anda bisa menggunakan keramik dengan warna dan bentuk-bentuk yang tentunya berbeda dari biasanya. Anda bisa memilih keramik-keramik berwarna mencolok atau warna-warna kesukaan Anda. Untuk bentuk keramik anda bisa memilih bentuk dan motif keramik yang beragam seperti keramik berbentuk sisik ikan, segi enam, segi 8 dan masih banyak lagi. Anda juga bisa melakukan variasi dalam pemasangan keramik pada dapur Anda sehingga tidak terlihat mainstream. Tapi jangan melupakan Anda tetap harus menyesuaikan dengan warna ruangan yang ada di sekitar.

5. Homey

Homey atau nuansa rumah adalah salah satu tema yang mungkin paling dekat dengan kita. Anda dapat memilih keramik yang berwarna cerah seperti biru dan bermotif sederhana yang tentunya menciptakan suasana seperti di dalam rumah. Anda bisa menambahkan kitchen set yang terbuat dari kayu dan berwarna coklat yang seragam dengan warna biru dari keramik. Jangan lupa jangan memilih keramik yang terlalu besar sehingga corak dari keramik dapat terlihat jelas di seluruh ruangan dapur.

Alasan Memilih Keramik Untuk Dapur

Berikut ini adalah beberapa alasan kuat bagi Anda memilih keramik untuk dapur Anda.

  1. Dinding pada dapur akan lebih mudah untuk dibersihan dan akan lebih kuat untuk segala situasi kegiatan di dapur. Maksudnya kuat jika terkena uap panas, air maupun minyak saat memasak. Dan tentunya akan lebih mudah untuk dibersihkan dengan kain bersih jika terkena noda.
  2. Karena banyaknya kegiatan yang kita lakukan di dapur, lantai pada dapur juga seharusnya terbuat dari keramik. Pilihlah keramik dari bahan-bahan yang tentunya kuat, anti-gores, tidak licin dan tentunya mudah untuk dibersihkan. Maka dari itu disarankan untuk memilih keramik yang bermutu baik, tidak licin dan tentu saja kuat.
  3. Untuk anda yang memiliki meja dapur, lebih baik Anda juga menggunakan keramik untuk meja dapur Anda. Karena banyak sekali aktivitas yang dilakukan dengan meja dapur, seperti meletakkan piring atau panci yang panas. Keramik yang diperlukan haruslah keramik yang tahan panas maupun dingin, tahan air, kuat, tahan lama dan mudah dibersihkan jika terkena noda bumbu-bumbu dapur ataupun minyak.

Dengan beberapa inspirasi di atas, semoga Anda menemukan keramik dinding dapur yang sesuai dengan keinginan Anda. Jika Anda sendiri masih belum mengetahui seperti apa dapur yang Anda inginkan, Anda bisa mencontoh beberapa ide di atas sebagai referensi.