Granit 60×60. Pemakaian granit 60×60 dapat membuat sebuah hunian menjadi lebih mewah dan eksklusif. Akan tetapi, jika kita tidak merawatnya dengan maksimal dan rutin, maka granit akan lebih cepat kusam dan kualitasnya akan menurun.


Kita juga tidak boleh asal dalam membersihkan granit. Sebab, granit kualitasnya lebih baik daripada keramik pada umumnya. Permukaan granit sangat kuat sehingga tidak mudah pecah dan lebih berkilau. Meskipun begitu, jika salah dalam perawatannya, maka lantainya akan mengusam.

Untuk mengatasi hal tersebut, harus dilakukan pemolesan. Pemolesan ini bukan hanya untuk memperindah, tetapi juga untuk melindungi granit. Walaupun granit ini tahan terhadap abrasi, tetapi jangan memoles lantai dengan benda tajam. Hal itu akan membuat permukaan lantai jadi rusak.

Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini adalah solusi paling ampuh dalam merawat granit supaya tidak kusam. Mau tahu apa saja caranya? Yuk simak penjelasannya.

 Trik Ampuh Merawat Lantai Granit 60x60 Agar Tidak Kusam

4 Solusi Merawat Lantai Granit 60×60 yang Ampuh

Pel dengan teratur

Seperti jenis lantai lainnya, lantai granit juga harus dipel dengan rutin agar permukaannya tetap mengkilap. Akan tetapi, mengepelnya juga harus diperhatikan dengan benar agar polesannya tidak terkikis dan tidak meninggalkan bercak cairan yang merembes. Lakukan pengepelan setidaknya 2 hari sekali.

Baca Juga:  12 Rahasia Perawatan dan Kristalisasi Teraso Terbaik

Cara-cara mengepelnya yaitu:

  • Pakailah cairan pembersih yang dikhususkan untuk lantai granit.
  • Basahkan kain pel secukupnya, supaya airnya tidak menggenang di lantai.
  • Lakukanlah ke seluruh ruangan, apabila airnya sudah keruh jangan lupa untuk menggantinya.

Mengelap dengan kain halus

Selain dipel, kamu juga bisa merawat granit dengan mengelapnya menggunakan kain halus yang basah. Hal itu untuk menghilangkan kusam pada granit yang tingkat sensitifnya lumayan tinggi. Caranya yaitu dengan menyiapkan kain lap yang lembut, air bersih, cairan pembersih khusus, dan ember. Apabila tidak memiliki pembersih khusus granit, cukup membasahi kainnya dengan air saja tanpa dicampurkan dengan pembersih apapun. Kemudian lap lantai yang kusam secara berulang kali hingga lantai kembali mengkilap. Lakukan hal tersebut secara rutin.

Baca Juga:  Tahapan yang Tepat dalam Poles Marmer

Menggunakan bahan pembersih alami

Selain dengan cairan pembersih, kamu juga bisa membersihkan lantai yang kusam dengan bahan alami. Misalnya dengan mencampurkan bubuk baking soda dengan air. Caranya yaitu memasukkan campuran tersebut ke alat penyemprot atau ember. Lalu semprotkan ke area granit yang akan dibersihkan dan biarkan selama satu hari.

Memakai bahan pembersih khusus

Cairan pembersih khusus juga menjadi solusi yang ampuh untuk merawat lantai granit. Dengan pembersih khusus, noda-noda seperti minyak, kuah, tinta, dan sebagainya akan hilang dengan sempurna. Hal itu karena, cairan pembersih mengandung pH yang netral, sehingga granit bisa mengkilap kembali tanpa ada bagian yang rusak atau terkikis.

Oh iya pastikan kandungan asam pada cairan tersebut bersifat netral ya. Untuk langkah-langkahnya hampir sama dengan cara yang lain. Hanya saja untuk cairan pembersih harus sesuai dengan takaran dan petunjuk pemakaiannya.

Baca Juga:  Berencana Pake Jasa Poles Acian? Yuk Estimasi Biayanya

Tips menjaga kualitas granit

Supaya granit tetap terjaga kualitasnya dan tahan lama, berikut ini adalah tips yang bisa dilakukan:

  • Taruh keset yang bagus di setiap pintu
  • Jangan meletakkan furnitur yang alasnya tajam
  • Untuk membersihkan lantai, gunakan kain pel yang lembut
  • Jika ada kotoran atau tumpahan, harus segera membersihkannya.
  • Cairan pembersih yang digunakan mengandung pH yang seimbang
  • Lakukan pembersihan secara rutin

 

Sekian informasi mengenai solusi dalam membersihkan granit 60×60 dengan benar. Rawatlah selalu lantai granit dengan rutin, agar kualitasnya tahan lama dan tetap berkilau. Selamat mencoba.