Granit Lantai 60 x 60 . Memasang granit lantai 60 x 60 memang tidak berbeda jauh dengan pemasangan penutup lantai lainnya. Namun, teknik pemasangan yang tidak tepat bisa menyebabkan permukaan lantai tidak rata hingga menimbulkan kerusakan pada permukaan lantai granit. Oleh sebab itu, teknik memasang granit yang benar perlu Anda ketahui.

Memilih granit sebagai penutup lantai merupakan investasi cerdas saat ini. Meskipun granit dibanderol dengan harga yang mahal, kualitas dari lantai granit ini tidak akan mengecewakan. Pasalnya, selain memberikan kesan yang elegan pada sebuah ruangan, granit juga memiliki karakteristik yang kokoh dan kuat sehingga bisa digunakan untuk jangka panjang.

Granit tersedia dengan berbagai ukuran, namun salah satu ukuran yang cukup banyak dicari adalah 60 x 60. Ukuran ini merupakan ukuran yang mudah untuk dihitung dan diterapkan pada suatu ruangan, sehingga ukuran ini lebih banyak digunakan dibandingkan ukuran lainnya.

Granit Lantai 60 x 60

Tips dan Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memasang Granit Lantai 60 x 60

Memasang granit lantai dengan teknik yang tepat merupakan hal penting untuk diperhatikan. Pasalnya, memasang granit dengan teknik yang tepat akan membuat pola granit terlihat bagus serta lebih awet. Sebaliknya, jika pemasangan granit tidak dilakukan dengan tepat, maka lantai granit berisiko cepat rusak atau tidak terpasang dengan baik dan simetris. Oleh sebab itu, simak tips dan beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memasang granit berikut.

Baca Juga:  Begini Cara Membersihkan Lantai Teraso yang Benar!

Hitung Kebutuhan Granit Berdasarkan Luasan Ruangan

Granit memiliki motif unik yang bisa memberikan kesan elegan sekaligus hangat pada suatu ruangan. Sebelum memasang granit, Anda perlu menghitung kebutuhan granit terlebih dahulu agar jumlah granit yang akan dipasang sesuai dengan luas ruangan.

Kesalahan hitung bisa berakibat fatal, terutama jika jumlah granit yang dibeli kurang untuk menutupi area ruangan sementara stok granit dengan motif yang sama sudah tidak ada. Oleh sebab itu, menghitung kebutuhan granit menjadi hal yang penting untuk dilakukan.

Baca Juga:  Kisaran Harga Lantai Marmer per Meter Terbaru

Persiapkan Granit yang Akan Dipasang

Sebelum memasang granit, Anda harus memastikan granit yang dipasang memiliki motif yang sama seluruhnya. Anda juga harus memastikan granit dalam kondisi baik, seperti tidak tergores, tidak retak, dan sebagainya. Biasanya, supplier granit akan memberikan garansi atas kerusakan granit yang dibeli, sehingga Anda perlu mengecek terlebih dahulu kondisi granit yang akan dipasang.

Cara Memasang Granit yang Tepat

Untuk memasang granit, hal utama yang perlu Anda perhatikan adalah cairan perekat, terutama jika Anda memasang granit dengan sistem basah. Perekat ini biasanya terbuat dari campuran pasir dan semen. Agar granit terpasang dengan baik, Anda harus memastikan komposisi perekat sudah sesuai.

Setelah memoleskan perekat pada permukaan lantai, pasanglah granit sesuai pola yang diinginkan. Agar hasilnya terlihat baik, pemasangan sebaiknya dilakukan secara vertikal terlebih dahulu, lalu ke arah horizontal. Hal ini dilakukan agar jarak nat antar granit tidak terlihat.

Baca Juga:  Cara Membersihkan Lantai Tegel Lama agar Tampilan Segar Kembali

Langkah terakhir setelah pemasangan adalah finishing, yakni menunggu cairan perekat kering. Selama tahap pengeringan tersebut, usahakan agar permukaan lantai tidak terinjak. Waktu yang dibutuhkan untuk pengeringan biasanya berkisar antara 3 hingga 5 hari. Setelah kering, Anda bisa membersihkan permukaan lantai dengan menggunakan cairan khusus pembersih lantai.

Sekian informasi mengenai tips memasang granit lantai 60 x 60 serta beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat pemasangan granit. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa menyewa jasa khusus untuk pemasangan granit lantai.