pengkilap granitPengkilap Granit. Granit menjadi salah satu batuan alam yang banyak digunakan untuk mendesain rumah sebagai meja, penutup lantai, atau pelapis dinding. Penggunaan batuan alam ini memang dapat memberikan kesan yang mewah, megah, elegan, dan indah. Hal ini sebanding dengan harga di pasaran yang cukup tinggi.

Granit memang dapat memancarkan kilauan yang memanjakan mata. Untuk menjaga granit tetap berkilau, Anda harus selalu membersihkan dan merawatnya. Salah satunya adalah dengan menggunakan pengkilap granit.

6 Jenis-Jenis Granit

Di pasaran, ada beberapa jenis granit yang dapat Anda pilih dan gunakan untuk mendesain rumah, seperti berikut ini.

1. Granit Biru

Granit biru memiliki sinar perak yang sangat memukau sehingga dapat memberikan kesan yang sangat elegan.

2. Granit Cokelat

Warna netral yang diberikan oleh granit cokelat dapat dipadukan dengan bahan lain, seperti kayu, keramik, dan logam. Dengan begitu, jenis granit ini dapat memberikan kesan yang hangat.

Baca Juga:  Referensi Harga Pasang Marmer Dinding Berikut Proses Lainnya

3. Granit Emas

Granit emas memiliki warna yang netral sehingga sangat tepat digunakan pada bangunan berukuran besar, seperti gedung bertingkat.

4. Granit Hijau

Warna hijaunya yang kaya menjadikan jenis granit ini sangat tepat digunakan sebagai aksen pada dinding atau lantai.

5. Granit Hitam

Warna hitam memang identik dengan kesan yang elegan dan mewah. Jika menggunakan granit hitam pada meja, lantai, atau dinding, rumah Anda akan terlihat sangat elegan dan mewah.

6. Granit Putih

Biasanya, granit putih digunakan pada permukaan yang kasar. Dibandingkan dengan jenis granit lainnya, granit putih memang lebih terjangkau dari segi harga dan lebih fleksibel.

Pengkilap granit

Mengkilapkan Granit Dengan Pengkilap Alami

Menggunakan granit sebagai penutup lantai, pelapis dinding, atau meja memang dapat memberikan kesan yang mewah dan elegan pada rumah Anda. Agar granit tetap berkilau, Anda harus selalu menjaga kebersihan dan merawatnya.

Baca Juga:  Cara Membersihkan Lantai Tegel Lama agar Tampilan Segar Kembali

Seiring dengan berjalannya waktu, kilauan pada granit akan memudar. Hal yang dapat Anda lakukan adalah memperlambat proses pemudaran atau mengkilapkan kembali granit tersebut. Berikut ini adalah beberapa pengkilap granit alami yang dapat Anda gunakan.

1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun memang memiliki banyak manfaat dan salah satunya adalah dapat menjadi pengkilap granit. Jika menggunakan minyak zaitun, granit Anda akan terlihat lebih bersih, lebih cerah, dan lebih mengkilap seperti baru.

2. Cuka

Untuk mengkilapkan granit dengan cuka, Anda hanya perlu mencampurkan setengah cangkir cuka ke dalam seember air. Untuk memberikan aroma yang segar, Anda dapat memberikan beberapa tetes sari lemon.

3. Baking Soda

Ada banyak manfaat yang terkandung di dalam baking soda dan salah satunya adalah dapat mengkilapkan granit yang mulai memudar. Jika menggunakan pengkilap granit alami ini, Anda cukup mencampurkannya dengan pasta gigi.

4. Ampas Teh

Mulai saat ini, Anda jangan langsung membuang ampas teh yang sudah tidak digunakan. Ternyata, ampas teh dapat digunakan sebagai pengkilap granit alami. Ampas teh akan membuat granit Anda semakin berkilau.

Baca Juga:  Panduan Praktis: Cara Memoles Granit Sendiri untuk Hasil yang Maksimal

5. Ampas Kelapa

Kandungan minyak yang ada di dalam ampas kelapa dapat digunakan untuk mengkilapkan granit yang mulai memudar. Untuk menggunakan ampas kelapa, Anda cukup menaburkannya di bagian granit yang memudar, menekan, dan menggosokkannya dengan kuat. Bersihkan sisa-sisa ampas kelapa dengan cara disapu dan jangan dibersihkan dengan air.

Itulah beberapa pengkilap granit alami yang mudah Anda dapatkan dan gunakan saat granit di rumah mulai memudar. Jadi, pengkilap mana yang akan Anda gunakan?