Harga Marmer Padalarang. Taukah kamu jika ada berbagai jenis marmer yang ada di pasaran. Salah satunya adalah marmer padalarang. Mungkin bagi sebagian orang masih asing dengan produk yang satu ini. Nah, disini kita akan memberikan informasinya khusus untuk kalian mulai dari definisi, proses pembentukannya, serta harga marmer padalarang.

Di pasaran harga jual marmer lokal ternyata tak kalah saing lho bila dibandingkan dengan marmer impor. Kira-kira mengapa demikian? Hal itu disebabkan oleh beberapa factor, seperti kualitas, motif, pola, corak, serta warna tiap-tiap jenis marmer yang berbeda-beda.

Itulah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggemar marmer. Marmer yang paling banyak dicari, maka itulah yang mempunyai harga tinggi di pasaran. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak infonya bersama-sama berdasarkan ulasan di bawah ini ya!

Harga Marmer Padalarang dan Info Penting Lainya

Terbentuknya Marmer

Marmer adalah salah satu jenis bebatuan kristal kasar yang berasal dari batuan kapur atau dolomit. Marmer murni biasanya berwarna putih. Marmer merupakan bahan batuan yang asal usulnya dari proses sedimentasi atau presipitasi air laut.

Komposisi marmer sendiri ternyata banyak mengandung kalsit. Apa itu kalsit? Kalsit dalam istilah kimia biasa disebut dengan Kalsium karbonat. Mahalnya harga marmer juga dipengaruhi oleh proses pembentukannya yang tak mudah.

Batu marmer dapat terbentuk akibat adanya tekanan dan tumbukan panas, serta terbentuknya kristal marmer secara alami. Dalam proses pembentukan, kemungkinan kristal-kristal kalsit yang terkandung di dalam marmer juga akan berkurang. Kristal-kristal kalsit yang berkurang ini menyebabkan terjadinya rongga-rongga pada marmer, sehingga hal itu yang menyebabkan kekuatan batuan menjadi berkurang.

Marmer dengan pori-pori yang besar, biasanya kekuatannya pun akan berkurang. Sedangkan marmer yang memiliki pori-pori rapat atau berongga sedikit dan memiliki kandungan kalsit yang lebih banyak, maka akan mempunyai daya yang kuat serta daya tahan yang lebih baik juga. Jenis marmer yang seperti itu tentu akan mempunyai harga jual yang lebih mahal.

Proses pembentukan marmer baik yang mempunyai kekuatan tinggi atau tidak, sama-sama terjadi dalam kurun waktu yang sangat lama. Bahkan proses pembentukannya hingga mencapai ribuan sampai jutaan tahun. Wah, ternyata lama juga ya? Dan itulah yang menyebabkan harga marmer menjadi cukup mahal.

Kegunaan Marmer

Batu marmer ternyata mempunyai berbagai macam kegunaan. Secara umum kegunaan batu marmer memang digunakan sebagai penutup lantai. Akan tetapi, penggunaan marmer saat ini telah meluas.

Adapun kegunaan batu marmer antara lain untuk perabotan di rumah, komponen-komponen dalam bangunan seperti meja, lantai, jendela atau kamar mandi. Tak hanya itu saja, sebab batu marmer juga dapat bermanfaat sebagai bahan baku pembuatan piala, prasasti, patung, papan nama serta yang lainnya.

Penghasil Marmer Lokal

Di Indonesia sendiri, ada beberapa daerah yang dikenal sebagai sentra penghasil marmer, antara lain yakni Tulung Agung, Ujung Pandang, Padalarang Bandung dan daerah lainnya. Namun, sekarang kita akan focus membahas tentang marmer yang dihasilkan dari daerah Padalarang.

Harga Marmer Padalarang

Berbicara tentang marmer padalarang, ternyata ada beberapa jenis marmer padalarang. Akan tetapi, secara umum yang keluar di pasaran lokal ada 2 jenis. Harganya pun cukup terjangkau, adapun jenis-jenis marmer tersebut seperti jenis EK Blue dan EK Cream.

Selain itu marmer padalarang juga tersedia dalam berbagai ukuran, yaitu mulai dari ukuran 30 x 60 sampai dengan slab. Kisaran harganya dimulai dari Rp. 180.500,00 per m2 sampai dengan Rp. 450.500,00 per m2.

 

Penutup

Demikian pembahasan kita mengenai harga marmer padalarang dan info lainya. Semoga artikel ini dapat menjawab rasa ingin tau kalian tentang produk tersebut.