Keramik Kamar Mandi. Ketika membuat kamar mandi, maka pemilihan keramik kamar mandi menjadi hal yang sangat penting. Tidak heran apabila banyak orang yang kemudian mencari berbagai referensi untuk bisa mendapatkan pilihan keramik terbaik yang cocok diaplikasikan. Namun perlu diketahui bahwa ada banyak sekali jenis bahan keramik yang bisa digunakan untuk lantai kamar mandi. Untuk memilihnya, terkadang membutuhkan berbagai pertimbangan yang tidak sederhana.

Cara Memilih Keramik Kamar Mandi

Seperti yang telah diketahui bahwa keramik adalah material interior yang sering digunakan, sehingga sangat familiar. Jika dipasang di kamar mandi, maka pemilihannya harus dilakukan dengan benar. Apalagi ukuran kamar mandi biasanya tidak lebih besar dibandingkan dengan ukuran ruangan lainnya di rumah. Oleh karena itu, memilih keramik untuk dipasang di kamar mandi juga harus dilakukan dengan cara yang benar.

Pada dasarnya, pemilihan keramik untuk kamar mandi ini bisa dilihat dari berbagai segi, mulai dari ukurannya, bentuknya, bahannya, tektsturnya, motifnya, dan lain sebagainya. Memang bukan hal yang mudah, tetapi dengan semakin banyaknya pilihan keramik, maka akan lebih leluasa untuk memilih sesuai keinginan.

Baca Juga:  Cara Membersihkan Lantai Teraso Kusam

Keramik Kamar Mandi

Simaklah Kiat Dalam Memilih Keramik Untuk Lantai Kamar Mandi

Dalam memilih keramik untuk kamar mandi, tentu tidak boleh sembarangan. Berikut ini merupakan beberapa kiat dalam memilih keramik yang tepat.

1. Sesuaikanlah Ukuran Keramik dengan Ruangan

Penting untuk menyesuaikan keramik dengan ruangan. Ada berbagai pilihan ukuran keramik yang tersedia, mulai dari ukuran besar hingga kecil. Apabila ukuran kamar mandi cenderung besar, maka akan lebih baik jika mengaplikasikan keramik dengan ukuran yang kecil. Namun apabila memiliki kamar mandi yang ukurannya kecil, maka bisa lebih mengeksplorasi ukuran keramik yang digunakan.

Hindari penggunaan keramik besar untuk kamar mandi kecil. Hal ini dikarenakan akan banyak potongan keramik yang terbuang sia-sia karena tidak terpakai. Oleh karenanya, dari pada terbuang, lebih baik pilihlah ukuran yang tepat.

Baca Juga:  Kisaran Harga Lantai Marmer per Meter Terbaru

2. Memperhatikan Tekstur Keramik

Tekstur keramik merupakan hal yang sangat penting, karena mempengaruhi kenyamanan ketika digunakan. Lantai kamar mandi biasanya basah dan lembab, sehingga akan lebih tepat jika menggunakan keramik dengan tekstur yang kasar. Jika permukaan keramik licin justru berbahaya, karena pengguna kamar mandi akan mudah tergelincir.

Apabila ingin menggunakan keramik dengan permukaan yang kering, alangkah baiknya untuk menggunakannya pada kamar mandi kering. Namun perlu adanya ruang kaca tertutup supaya tidak ada cipratan air di permukaan keramik.

3. Menggunakan Satu Warna Tone

Mungkin tidak sedikit orang yang suka bermain warna. Namun perlu diketahui bahwa ketika ingin memainkan warna, usahakan untuk mengaplikasikan warna senada pada kamar mandi. Sementara itu, apabila menggunakan warna kontras, maka gunakan juga warna monokrom atau netral sehingga bisa lebih cantik.

4. Tekstur Keramik Lantai dan Dinding Berbeda

Keramik lantai memang semestinya menggunakan tekstur yang kasar. Namun hal ini tidak berlaku untuk dinding kamar mandi. Keramik yang diaplikasikan pada dinding kamar mandi bisa menggunakan permainan tekstur sehingga lebih fleksibel, mulai dari tekstur licin maupun dove.

Baca Juga:  Begini Cara Membersihkan Lantai Teraso yang Benar!

Jika keramik untuk dinding itu bergelombang, maka harus diperhatikan pada penempatannya. Hal ini terjadi karena keramik bergelombang sangat berpengaruh pada letak dari kaca pembatas.

Itulah beberapa tips dalam memilih keramik kamar mandi yang perlu diperhatikan dengan baik. Pada dasarnya, pemilihan keramik untuk kamar mandi ini memang harus benar-benar dipertimbangkan dari awal, sehingga tidak membuang budget karena banyak keramik yang terpotong.