Cara Memoles Granit Sendiri. Dengan sedikit usaha dan pemahaman, Anda bisa belajar cara memoles granit sendiri untuk menciptakan permukaan yang bersinar dan tahan lama. Dengan begitu, Anda tidak selalu memerlukan bantuan profesional untuk menghadirkan kilau dan keindahan alami granit yang ada di rumah.

Cara Memoles Granit Sendiri dengan Praktis

Dengan keindahan alaminya dan daya tahan yang luar biasa, granit sering kali menjadi pilihan utama untuk permukaan meja dan lantai. Namun, seiring berjalannya waktu, granit bisa kehilangan kilauannya karena penggunaan sehari-hari. Berikut ini langkah-langkah praktis yang bisa Anda ikuti untuk memoles granit dengan hasil yang memuaskan.

1.    Persiapan Alat dan Bahan

Sebelum memulai, pastikan Anda memiliki semua alat dan bahan yang diperlukan, termasuk lap mikro fiber, detergen lembut, air hangat, dan penghilang noda. Pastikan juga untuk mendapatkan polisher granit yang sesuai.

Baca Juga:  Cara Membersihkan Lantai Tegel Lama agar Tampilan Segar Kembali

2.    Bersihkan Permukaan dengan Benar

Mulailah dengan membersihkan granit menggunakan campuran detergen lembut dan air hangat. Hindari penggunaan pembersih keras yang dapat merusak permukaan granit. Keringkan dengan menggunakan lap mikro fiber.

3.    Identifikasi dan Hilangkan Noda

Periksa permukaan granit untuk noda atau kerak. Gunakan penghilang noda yang direkomendasikan untuk granit dan bersihkan area yang terkena. Pastikan untuk meratakan permukaan dengan halus.

4.    Pilih Polisher yang Tepat

Pilih polisher granit yang sesuai dengan jenis granit yang Anda miliki. Banyak produk di pasaran dan beberapa diantaranya dapat disesuaikan dengan jenis batuan tertentu.

Baca Juga:  Ketahui Cara Poles Granit Murah yang Paling Tepat

5.    Aplikasikan Polisher dengan Lembut

Oleskan polish secara merata ke permukaan granit menggunakan kain mikro fiber bersih. Hindari penggunaan kain yang kasar yang dapat menyebabkan goresan.

6.    Gunakan Gerakan Melingkar

Saat memoles granit, gunakan gerakan melingkar dengan tekanan ringan hingga sedang. Usahakan untuk tidak menekan terlalu berlebihan agar permukaan tidak rusak.

7.    Bersihkan Sisa Polisher dengan Bersih

Setelah pengamplasan selesai, bersihkan sisa polish dengan kain mikro fiber bersih. Pastikan tidak ada residu yang tertinggal.

8.    Lakukan Tes Air

Setelah pengamplasan selesai, teteskan sedikit air di atas granit. Jika air membentuk tetesan dan tidak menyerap, itu berarti granit telah berhasil dipoles dengan baik.

Baca Juga:  Begini Cara Membersihkan Lantai Teraso yang Benar!

9.    Lakukan Perawatan Rutin

Agar kilauan granit tetap optimal, lakukan perawatan rutin dengan membersihkan permukaan secara teratur dan mengaplikasikan polish sesuai kebutuhan.

Panduan cara memoles granit sendiri ini akan membantu Anda dalam memoles granit dengan mudah dan efektif tanpa memerlukan bantuan profesional. Selamat mencoba untuk memberikan kilau baru pada permukaan granit di rumah Anda!