Cara Membersihkan Batu Alam. Anda pasti merasa kesal jika melihat batu alam putih Anda ditumbuhi lumut, maka pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai cara membersihkan batu alam dari lumut agar kembali tampak mengilap. Alat dan bahan tidak terlalu banyak, serta cara membersihkannya pun terbilang cukup mudah.

Cara Membersihkan Batu Alam Putih

Alat dan bahan

  1. Air
  2. Sitrun
  3. Cairan pemutih
  4. Sabun atau detergen
  5. Sikat
  6. Ember

Langkah-langkah membersihkan

Berikut ini langkah membersihkan batu alam putih jika batu tidak ditanam di tanah atau lantai dan hanya diletakkan begitu saja.

  1. Ambil seluruh batu alam putih yang hendak dibersihkan.
  2. Masukkan ke dalam ember yang telah diisi dengan air sabun.
  3. Sikat seluruh permukannya secara merata.
  4. Setelah disikat, masukkan batu alam putih ke ember lain yang telah diisi campuran air dan sitrun lalu rendam batu semalaman.
  5. Keesokan harinya, Anda dapat mencuci batu alam putih ini di bawah air mengalir.
  6. Jika warnanya masih kusam atau tampak menguning, Anda bisa merendamnya kembali dengan pemutih selama kurang lebih 2 jam lalu bilas dengan air bersih. Anda juga bisa merendam batu ini dalam air panas untuk membunuh bibit lumut yang tersisa.
  7. Sebelum dikembalikan ke tempat semula, jemur batu alam putih sampai kering agar tidak berlumut kembali. Karena jika dikembalikan dalam keadaan basah atau lembap, lumut atau jamut akan lebih mudah tumbuh kembali.
Baca Juga:  Referensi Harga Pasang Marmer Dinding Berikut Proses Lainnya

Sedangkan untuk membersihkan batu alam putih yang ditanam di lantai atau tanah, ada perbedaan dalam membersihkannya karena tidak bisa diambil. Berikut ini langkah-langkah membersihkan batu alam putih yang ditanam.

  1. Siram batu alam putih dengan air sabun.
  2. Tunggu sekitar 15-30 menut agar air sabun meresap ke dalam pori-porinya. Hal ini bertujuan untuk membunuh lumut.
  3. Jika sudah, gosok seluruh permukaan batu dengan sikat kasar untuk menghilangkan lumt yang menempel. Anda bisa menyikatnya dengan kuat agar lumut benar-benar hilang.
  4. Selanjutnya Anda bisa membilasnya dengan menyemprotkan air bersih.
  5. Langkah selanjutnya, Anda bisa menaburkan bubuk sitrun di permukaan batu alam putih secara merata.
  6. Diamkan semalaman agar bubuk sitrun terserap ke pori-pori batu alam putih. Hal ini bertujuan untuk menyerap noda membandel yang menempel.
  7. Keesokan harinya Anda bisa menyemprotkan air untuk membilasnya.
  8. Jika warna batu masih menguning, Anda bisa membersihkannya dengan cairan pemutih agar warnanya kembali seperti semula.
Baca Juga:  Cara Membersihkan Lantai Teraso Kusam

Itu tadi cara membersihkan batu alam putih dari lumut maupun kotoran lain yang menempel agar permukannya kembali mengilap. Dalam beberapa langkah tertentu, Anda perlu berhati-hati, seperti saat menuangkan air panas. Batu alam putih ini memang membutuhkan perawatan rutin untuk mencegah tumbuhnya lumut. Anda  juga bisa mencegahnya dengan memastikan lingkungan di sekitar batu alam putih ini selalu bersih, tidak basah atau lembap, memiliki sirkulasi udara yang baik, serta terkena sinar matahari langsung agar lumut tidak mudah tumbuh.

Baca Juga:  Panduan Praktis: Cara Memoles Granit Sendiri untuk Hasil yang Maksimal