Motif Marmer. Marmer adalah jenis batuan metamorf yang terbentuk dari proses kristalisasi pada batuan kapur. Ciri khas batu marmer sendiri adalah mempunyai corak atau motif yang beragam dan menarik. Penggunaan batu marmer ini biasanya untuk lantai, dinding, dan sekarang sudah banyak digunakan untuk berbagai furnitur rumah tangga yang pastinya menarik.

Ada bermacam motif marmer yang kini tengah digandrungi oleh orang – orang dan menjadi favorit para interior desainer sebagai salah satu bahan untuk desain yang sedang mereka rancang. Simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui macam – macam motif batu marmer.

Marmer Vs Granit

apa sih perbedaan batu marmer dan granit? Jika anda menjawabnya sama maka anda salah, karena ternyata terdapat perbedaan antara batu marmer dan granit, berikut adalah penjelasannya:

  1. Penampilan Fisik

Dari penampilan fisiknya sudah berbeda, jika marmer berbentuk pola seperti urat atau sulur. Sedangkan pada granit berbentuk bintik – bintik yang melebur pada warna utama. Hal ini juga yang membuat granit lebih mudah dipasang daripada marmer.

  1. Karakter atau material
Baca Juga:  Cara Membersihkan Lantai Tegel Lama agar Tampilan Segar Kembali

Marmer memiliki material yang lebih ringan, berpori dan mudah dibentuk atau dipotong. Sedangkan granit memiliki material yang lebih padat, tidak berpori dan lebih berat. Hal inilah yang mengakibatkan granit lebih tahan lama daripada marmer.

  1. Penempatan

Untuk penempatan granit dan marmer sebenarnya memiliki kesamaan. Yaitu biasanya pada lantai, dinding, wastafel, kusen, guci atau menjadi dekorasi saja untuk rumah.

Marmer Travertine

jenis marmer ini tengah banyak diminati dan cukup populer di era sekarang ini. Ciri khasnya terletak pada corak atau motif yang disertai dengan adanya lubang – lubang alami yang memperindah dan mempercantik jenis marmer ini.

Marmer travertine sendiri sudah terkenal dan digunakan sejak zaman dahulu seperti di kuil, monumen, kerajaan, dan barang – barang lainnya. Untuk saat ini penggunaannya juga beragam, seperti pada paving teras, lantai, dinding, dan beberapa peralatan atau furnitur yang kini dikombinasikan dengan batu marmer.

Baca Juga:  Kisaran Harga Lantai Marmer per Meter Terbaru

Untuk harga marmer jenis ini ditentukan oleh kualitasnya, yaitu dilihat dari pola atau variasi lubang yang ada pada jenis marmer ini. Semakin bervariasi maka harganya akan lebih tinggi karena lebih unik dan menarik.

Marmer Statuario

marmer statuario ini adalah batuan paling murni di dunia ini yang dihasilkan dari perbukitan yang tertutup salju. Oleh karena itu, marmer ini memiliki harga yang cukup tinggi dan sangat populer di kalangan masyarakat, terlebih mereka yang memiliki kesukaan pada interior desainer.

Kelebihan lain dari marmer ini adalah memiliki warna yang abadi sepanjang masa dan tidak pernah pudar ataupun rusak. Memiliki corak dasar atau dominan warna putih kemudian dipadukan dengan warna abu – abu dan hitam membuat jenis marmer ini sangat populer.

Motif Marmer Carrara

Marmer ini berasal dari Italy, sebagai negara penghasil marmer terbaik di dunia. Hal itu dikarenakan marmer ini sudah digunakan sejak zaman kerajaan sehingga sering digunakan untuk gedung atau tempat sakral karena keindahan, kemewahan dan keanggunannya.

Baca Juga:  Referensi Harga Pasang Marmer Dinding Berikut Proses Lainnya

Karena populernya jenis marmer ini, bahkan kini persediannya di dunia semakin menipis. Hal ini mengakibatkan harga jenis marmer ini melejit sangat tinggi. Selain karena corak khasnya, namun kekuatan atau daya tahan marmer ini juga menjadi alasan kepopulerannya.

Di Indonesia sendiri, marmer ini sangat digemari karena motif marmer ini khasnya yang indah serta kualitasnya yang sangat bagus untuk penggemar desain interior yang keren, mewah, elegan dan minimalis.