Kristalisasi Lantai. Lantai merupakan salah satu bagian terpenting dalam sebuah bangunan. Bukan hanya sebagai tempat pijakan yang nyaman, namun juga tampilan yang menarik. Di banyak konstruksi bangunan, lantai berbahan marmer, granit dan sejenisnya kerap digunakan untuk memberi kesan mewah dan elegan karena kilaunya. Sayangnya, seiring waktu bisa pudar sehingga membutuhkan kristalisasi lantai.

Seperti namanya, kristalisasi lantai di Jakarta Pusat akan membantu permukaan tampak lebih berkilau dari sebelumnya karena mengembalikan warna alami layaknya baru. Namun, tak semua orang paham soal tahap ini, seberapa penting perawatan dan kapan waktu yang tepat untuk melakukannya.

Kapan Harus Kristalisasi Lantai?

Kristalisasi lantai di Jakarta Barat bisa dilakukan sendiri ataupun menggunakan jasa kristalisasi lantai di Jakarta Barat. Keduanya sama-sama memberi manfaat, meski tentu, penanganan profesional akan berbeda terlebih jika pemilik rumah tak memiliki pengalaman atau pengetahuan.

Sebagai saran, akan lebih baik untuk kristalisasi lantai secara rutin dalam periode tertentu dimana hasilnya akan bertahan selama beberapa tahun. Sebenarnya, bebatuan alam macam marmer memang tidak memiliki kilau khusus jadi membutuhkan perawatan tambahan untuk membuatnya lebih menarik. Jika perawatan tidak rutin dilakukan, maka motif dan warna lantai akan berbeda dari aslinya.

Baca Juga:  Begini Cara Membersihkan Lantai Teraso yang Benar!

Selain itu, lantai yang sudah memiliki usia cukup lama juga bisa mengakibatkan keretakan dan kerusakan dalam skala tertentu. Waktu paling tepat untuk memulai kristalisasi lantai di Jakarta Utara adalah saat melihat warna pada lantai sudah kusam dan keruh, pun jika terdapat keretakan maka restorasi harus segera dilakukan.

Ada akibat yang cukup fatal ketika lantai dibiarkan tanpa restorasi, dimana kerusakan bisa saja semakin parah dan membutuhkan biaya yang lebih besar. Anda tentu perlu mengantisipasi berbagai kondisi untuk mengembalikan warna sekaligus meminimalisir biaya lebih besar yang dikeluarkan.

Oleh sebab itu, lebih baik jangan menunda kristalisasi apabila warna marmer terlihat cukup memudar. Upayakan melakukan kristalisasi lantai di Jakarta Selatan lebih dulu, karena jika menundanya maka kerusakan atau warna pudar akan semakin parah dan sulit untuk ditangani. Kondisi lantai yang sudah terlalu pudar biasanya akan memakan biaya yang lebih besar.

Baca Juga:  Ketahui Cara Poles Granit Murah yang Paling Tepat

Sebab Kerusakan Lantai

Selain mengenali waktu ideal untuk kristalisasi lantai di Jakarta Selatan, pengguna tentu juga perlu mengenali sebab umum kerusakan pada lantai. Apa saja itu? Simak penjelasannya di bawah ini:

Tergores

Tergores merupakan salah satu masalah paling umum yang terjadi pada lantai. Biasanya, karena tersentuh benda keras termasuk ketika Anda memindahkan perabotan. Dalam waktu lama, goresan tentu bisa terus bertambah terlebih jika penghuni rumah tak cukup mengantisipasi hal tersebut.

Salah dalam Perawatan

Untuk noda kecil, lantai sejenis marmer memang bisa hilang dengan cara dibersihkan biasa. Namun, ada beberapa model perawatan yang rupanya tak direkomendasikan karena bisa saja merusak permukaan. Misal saja, penggunaan bahan kimia dengan kadar asam yang tinggi.

Baca Juga:  Referensi Harga Pasang Marmer Dinding Berikut Proses Lainnya

Hal ini akan mengakibatkan proses oksidasi dimana permukaan akan tambah menguning. Oksidasi bahkan bisa disebabkan campuran noda berminyak termasuk kain pel yang sudah kotor. Akan lebih baik untuk menggunakan pembersih dengan PH netral.

Salah saat Pemasangan

Pada beberapa kasus, kesalahan dalam pemasangan juga bisa menjadi pemicu kerusakan pada lantai Anda. Kesalahan yang dimaksud seperti menggunakan air terlalu banyak, sementara material seperti marmer berpori sehingga mudah menyerap cairan. Dalam jangka panjang, terjadi pengkristalan dan membuat coraknya tak lagi jelas.

Itulah beberapa tips kapan kristalisasi lantai sebaiknya dilakukan, termasuk, sebab kerusakan lantai yang bisa diantisipasi.