Cara perawatan harian marmer tanpa bantuan pakar. Marmer  ini adalah batu alam yang indah, dan dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan keindahan rumah. Pemakaian batu alam ini mulai dari meja hingga lantai kamar mandi. Batu alam ini juga merupakan batu alam serbaguna yang bisa di aplikasikan hampir di seluruh bagian rumah.


Cara perawatan harian marmer tanpa bantuan pakar

Meskipun  marmer ini adalah batu alam yang cukup kuat, namun seiring waktu pemakaian, jika tidak dirawat dengan betul lantai ini bisa juga tergores dan berubah warna. Salah satu kesalahpahaman terbesar adalah bahwa batu alam ini dapat dibersihkan dengan cara yang sama seperti batu alam lainnya. Batu alam ini sebenarnya adalah batu alam yang sangat sensitive terhadap bahan kimia, goresan maupun kelembaban.

Dengan demikian akan sangat penting apabila perawatan batu alam ini dengan pengetahuan dan pemahaman yang benar

Cara perawatan harian marmer tanpa bantuan pakar bagian pertama:

  1. Rencanakan schedule perawatan yang tetap.

Cara terampuh untuk menghindari baret dan kotoran pada batu alam iniadalah dengan cara menjamin bahwa permukaannya bebas kotoran dan bebas dari serpihan debu kasar atau cairan yang ber PH tidak normal lainya. Seringkali gesekan pasir dan partikel kotoran lainya pada batu alam inidapat menimbulakan baret. Selain itu, batu alam inicenderung sangat mudah dipengaruhi terhadap bintik air, jadi sangat penting untuk mengutamakan menyeka air dari permukaan batu alam ini.

  1. Pastikan agar tumpahan tidak mengendap dalam waktu lama.
Baca Juga:  Bagaimana cara perawatan marmer dan granit hanya dalam beberapa menit

Zat yang bisa merusak, seperti pembersih lantai ber Ph tidak normal, teh dan kopi, dapat merusak keindahan batu alam inijika tidak dibersihkan dengan segera. Hanya diperlukan beberapa menit cairan tersebut dapat mengendap ke dalam pori  marmer, jadi lebih baik segera membersihkan tumpahan tersebut. Saat membersihkan tumpahan yang dapat menyebabkan noda, hindari menggosok atau menyekanya. Sebaliknya segera bersihkan secepat mungkin cairan dengan kain lembut atau handuk berjenis micro fiber.

  1. Hindari menempatkan benda berat di atas batu alam.

Selalu diingat bahwa batu alam inijauh lebih rapuh daripada yang anda lihat. Khusus untuk meja kitchen set: logam, panci dan wajan, atau bahkan celana jeans, sangat mudah mengakibatkan baret pada permukaan table top batu alam inijika tidak hati-hati. Belilah alas piring yang mempunyai ketebalan cukup, dan alas anti panas lainya untuk memastikan benda berat dan panas tidak pernah bersentuhan langsung dengan permukaan batu alam iniAnda. Baret yang dalam sangat susah di hilangkan.

Baca Juga:  Punya niat pasang lantai marmer tapi tidak tahu cara perawatannya? Ini Solusinya

Cara perawatan harian marmer tanpa bantuan pakar bagian terakhir:

  1. Poleslah marmer secara berkala.

Mengalokasikan waktu untuk melakukan perawatan batu alam ini bisa dapat memperpanjang umur keartistikanya. Ada banyak jasa poles di pasaran yang khusus dirancang untuk batu alam ini. Pengaplikasian coating  dapat memberikan lapisan pelindung yang menghindari bercak air, noda, dan bahan kimia lainya. Intinya, investasi dan upaya ini adalah salah satu cara terbaik untuk memperpanjang keartistikan lantai batu alam ini

  1. Poles ulang seperti poles awal pemasangan.

Setelah beberapa tahun dari pemasangan pertama, marmer  Anda sudah pasti telah mendapat hasil dari proses poles awal pemasangan. Meskipun ada layanan tukang poles yang menyediakan {restorasi|perbaikan, Anda juga dapat mencoba malakukannya sendiri dalam restorasi batu alam iniini. Belilah paket  yang mencakup hampir semua yang Anda butuhkan untuk membersihkan, mengkilapkan, dan memantapkan batu alam iniagar terlihat seperti baru. Tentu saja, hasilnya akan tergantung pada jenis batu alam Anda saat ini. Namun, semakin sering Anda mempoles  lantai Anda, semakin besar kemungkinan dapat mempertahankan kinclong batu alam ini dalam waktu jangka panjang.

Baca Juga:  Membahas tuntas cara perawatan marmer dan granit terlegkap

Saran:

Meskipun banyak pembersih batu alam banyak jenis dan merk yang tersedia di pasaran, cara pembersihan yang sederhana adalah dengan kain lembut yang dicelupkan ke dalam air hangat, hal ini sudah lebih dari cukup untuk menangani kebersihan rutin  marmer. Jangan pernah menggunakan cuka atau larutan asam lainnya, karena ini dapat menimbulkan noda pada batu alam ini. Ketika melakukan perawatan msecara menyeluruh, pertimbangkan untuk mengaplikasikan sabun atau deterjen yang ber PH netral dan aman untuk batu alam.

Batu alam ini kelihatanya seperti batu alam yang kokoh, namun sebenarnya agak lunak dibandingkan dengan batuan lainya. Dengan cara menganalisa perawatan harian marmer yang tepat, dengan memilih produk pembersih yang tepat, Anda dapat membuat  lantai atau dinding Anda selalu bersinar seperti baru untuk beberapa tahun kedepan


Selamat mencoba