Harga Marmer Lampung. Saat ini, marmer menjadi salah satu jenis lantai yang paling banyak dipilih pada rumah. Tampilannya yang elegan pun cocok untuk berbagai tipe furniture. Bagi Anda yang berdomisili di Lampung, harga marmer cukup kompetitif termasuk untuk biaya dalam perawatannya.

Kemewahan marmer sendiri memang selalu menjadi daya tarik bagi setiap penghuni rumah. Sejauh ini, karakteristik marmer dikenal cukup mudah kotor, cepat pudar terutama pada benda tajam yang membuatnya mudah tergores.

Oleh sebab itu, penting untuk membersihkan marmer secara rutin serta perawatan yang ekstra. Aplikasikan menggunakan sejumlah bahan pembersih berikut ini untuk membuat lapisan lantai Anda lebih bersih.

 

Harga Marmer Lampung dan Cara Perawatannya

 

Harga marmer Lampung saat ini variatif, untuk lokal misalnya Anda bisa mendapatkan mulai harga Rp 290.000 hingga 1.500.000 per meternya. Harga ini tentu sesuai dengan desain dan kualitasnya.

Selain itu, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat memilih marmer sebagai lantai rumah Anda.

 

1. Bersihkan dengan Baking Soda

 

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah membersihkan menggunakan baking soda. Bahan pembersih ini tidak cukup sulit untuk ditemukan. Tak hanya itu, baking soda memang terkenal sebagai bahan serba guna yang kerap digunakan dalam pembersihan perabot rumah.

Membersihkan marmer baking soda hanya butuh 1 sendok makan dan tambahan sedikit air. Selanjutnya, diaduk secara merata sehingga menjadi pasta kental. Berikutnya, ambil kain lap berbahan halus dan usap kain tersebut pada permukaan yang kotor.

 

2. Amonia

 

Perawatan marmer berikutnya adalah dengan menggunakan amonia. Sifat basahnya bisa sangat membantu untuk membersihkan permukaan marmer secara keseluruhan.

Penggunaan amonia juga harus punya takaran yang tepat. Sebelum menggunakan amonia sendiri, Anda harus segera melakukan pengecekan amonia yang aman untuk digunakan. Caranya, dengan meneteskan sedikit amonia ke atas permukaan marmer dan tunggu reaksinya.

Jika aman, atau tidak memudarkan warna maka Anda bisa melanjutkan pembersihan. Cara menggunakan amonia sendiri sebagai bahan pembersih marmer yakni dengan 1 gelas air serta 1 sendok teh amonia.

Berikutnya, aduk bahan secara merata, celupkan pada kain dan usap dengan lembut.  Ulangi proses ini secara berulang hingga marmer terlihat bersih.

 

3. Deterjen Cair

 

Deterjen cair merupakan bahan yang ampuh untuk membersihkan marmer. Tak  sebatas digunakan untuk mencuci saja loh, melainkan bisa membersihkan noda apapun bagi peralatan rumah tangga Anda.

Gunakan deterjen cair yang mempunyai kualitas baik serta tidak mengandung asam atau pemutih. Cara menggunakan deterjen sendiri yakni dengan menyiapkan baskom kecil yang telah diberi air sebanyak 1 gelas.

Selanjutnya, tuangkan deterjen cair tersebut, aduk rata lalu celupkan lap ke dalam baskom sebagai wadahnya. Gosok cairan deterjen perlahan pada noda yang menempel. Lebih baik untuk langsung membersihkan noda yang baru muncul, agar memudahkan Anda membersihkan.

 

4. Pembersih Khusus Marmer

 

Terakhir adalah cara khusus yakni dengan menggunakan pembersih marmer. Seperti namanya, bahan ini memang diperuntukkan untuk membasmi kotoran dari benda yang berbahan dasar marmer.

Untuk membersihkannya, Anda bisa mulai menyiapkan kain lap dan baskom kecil lebih dulu selanjutnya, tuangkan air sebanyak setengah gayung lalu beri cairan pembersih marmer. Aduk hingga merata dan usapkan pada lantai.

Diamkan cairan tersebut selama kurang lebih 10-15 menit hingga kotoran yang menempel terangkat. Selain membandel, Anda juga bisa mengantisipasi kemungkinan warna marmer memudar.

Itulah harga marmer Lampung serta cara perawatan yang bisa Anda pilih. Rutin membersihkan adalah cara terbaik agar lantai marmer Anda tetap terlihat cantik.