(021) 4050-7000 / 085770507000 [email protected]

Lantai marmer – Ada banyak orang yang ingin membangun rumahnya dengan menggunakan lantai marmer. Kesannya memang sangat mewah dan harga lantai marmer juga lebih mahal dibandingkan dengan keramik biasa, walau beberapa keramik biasa saat ini juga ada yang didesain menyerupai marmer akan tetapi tentu looknya masih saja berbeda karena harga tak bisa dibohongi.

Harga marmer memang mahal bahkan bisa lebih dari 2 kali lipat harga lantai biasa. Karena itu setelah marmer dipasang dan kemudian dalam beberapa waktu dilakukan pemolesan, Anda perlu tepat dalam melakukan perawatannya karena perawatan yang salah justru akan memberikan kesan yang tidak bagus pada keindahan lantai marmer setelah dipoles di rumah Anda.

Lantai Marmer

Cara Merawat Atau Memoles Lantai Marmer

Dalam menerapkan cara merawat atau memoles lantai marmer, baiknya Anda ketahui perlengkapan perawatan yang baiknya Anda gunakan. Perlengkapan yang perlu Anda gunakan diantaranya yaitu lap microfiber yang merupakan kain lap yang halus sehingga mampu menjaga permukaan lantai marmer. Gunakan juga pembersih khusus yaitu pembersih dengan pH netral atau seimbang yang dibuat khusus untuk membersihkan lantai marmer di rumah Anda. Anda juga butuh sealer yang merupakan pelapis pelindung marmer yang nantinya akan membantu melindungi permukaan dari bekas tergores dan noda agar tidak cepat meresap.

Anda juga perlu tahu beberapa peralatan yang tidak boleh digunakan untuk merawat atau memoles lantai marmer. Beberapa peralatan tersebut yang perlu Anda hindari untuk merawat atau memoles lantai marmer yaitu :

  • Hindari menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan lantai granit dan lantai marmer karena dikhawatirkan nantinya permukaan penyedot dan rodanya bisa merusak lantai.
  • Jangan gunakan lap yang kasar walau membersihkan noda berkerak yang mengeras.
  • Hindari menggunakan cairan dengan kandungan deterjen dan kandungan asam yang tinggi. Baiknya Anda tidak mengenakan pembersih lantai biasa karena akan membuat permukaan jadi kusam dan tidak mengkilap.
  • Cairan yang terlalu keras juga tidak boleh Anda gunakan karena bisa merusak material batu alam.

Cara membersihkan lantai marmer yang perlu Anda tahu yaitu :

  • Pertama semprotkan cairan pembersih khusus secukupnya, jangan sampai berlebihan. Selanjutnya lap dengan kain microfiber dan keringkan dengan kain kering yang bersih dan baru.
  • Khusus untuk lantai marmer, cara membersihkannya harus mengikuti arah pola. Jangan sampai Anda lap dengan gerakan memutar karena hal ini dapat mengurangi keindahan motif alami dan mengurangi kilau lantai marmer Anda.
  • Pel permukaan lantai dengan lembut untuk menjaga kondisi lantai tetap bagus.
  • Kemudian segera bersihkan noda dari lantai granit dan marmer karena jika tidak maka noda akan menempel dan sulit dibersihkan. Ada baiknya pengepelan dilakukan 2 hari sekali atau selama Anda perlukan.
  • Hindari sampai lantai terkena cairan yang bisa masuk ke pori – pori batuan utamanya untuk lantai marmer.
  • Segera bersihkan cairan yang tumpah dengan menggunakan lap microfiber dan usap dengan kain yang kering.
  • Jika sulit menemukan pembersih khusus lantai marmer, Anda bisa gunakan sabun cuci piring. Hindari menggunakan pembersih lantai biasa kemudian campurkan sedikit sabun cuci piring ke dalam satu ember air dan larutkan. Coba juga larutan ini di bagian lantai yang kecil dan tidak terlihat. Jika tidak menimbulkan efek negatif, itu artinya sabun aman untuk digunakan. Kemudian setelah menggunakan bersihkan dengan kain kering.

Itulah prosedur dan cara merawat serta memoles lantai marmer yang paling tepat. Selain itu Anda juga bisa gunakan hand polisher untuk memoles lantai marmer seperti yang dilakukan tenaga profesional.